MGZ4NGR5NaN4NWBaMaB9MWV6MncsynIkynwbzD1c

Mengenal Jenis Veneer Kayu dan kelebihan kekurangannya

BLANTERLANDINGv101
5091283390637644176

Mengenal Jenis Veneer Kayu dan kelebihan kekurangannya

Rabu, 27 Juli 2022
Konten [Tampil]

Apa Itu Veneer Kayu; Terdapat banyak jenis ahan finishing furniturnya berbeda dan apabila untuk orang awam mungkin terkesan semuanya sama. Dalam hal ini pelapis yang bisa dipakai diantaranya adalah , veneer kayu, HPL, PVC laminate, dan melamin.

Konsep desain interior mulai dari ruang tamu, kamar, dapu yang memakai desain minimlais natrual biasanya banyak memasang lapisan veneer kayu. Hal iu dikarenakan setiap hasil akhir yang sudah dilapisi veneer terkesan lebih natural dan berserat kayu berkarakter kuat.

Mungkin anda penasaran jenis veneer, apakah sama dengan HPL , apa perbedaanya. Simak terus pembahasanya maka anda akan mengerti adanya bahan ini dan bisa memutuskan akan menggunakannya atau tidak.

Apa itu Veneer Kayu?

Jenis Veneer Kayu

Veneer kayu sebagai pengganti panel kayu yang terbuat dari kayu gelondongan / kayu. Veneer kayu memiliki ketebalan 0.24 mm sampai dengan 3 mm, yang dapat diperoleh dengan proses menghilangkan jenis kayu tertentu seperti kayu jati, kayu sungkai, kayu mindi dan kayu oak.


Veneer kayu sering dipilih sebagai bahan finishing untuk furnitur dan bahan baku seperti kayu lapis atau blockboard untuk membuat permukaan bahan lebih seragam. 

Selain sebagai bahan finishing, veneer kayu memiliki ketebalan yang cukup besar, sehingga sering digunakan sebagai bahan baku dalam produksi bahan lain, seperti kayu lapis, yang kemudian dapat diolah menjadi furnitur.

Veneer kayu juga sebagai opsional untuk melapisi parket maupun langsung sebagai pengganti lapisan HPL.

Baca juga: Perbedaan Interior dan eksterior

Kapan veneer digunakan?


Bahan veneer ini merupakan banyak digunakan sebagai dekorasi interior sebagai furniture untuk keperluan kantor, hotel dan rumah supaya mendapatkan estetika lebih tepat yang diseuaikan dengan konsep. 

Biasanya, veneer digunakan untuk melapisi produk kayu MDF. Karena kayu mdf memiliki porositas yang besar sehingga menyulitkan pengecatan, mdf mudah dibentuk, tampilan kayu olahan kurang menarik, lebih praktis.

Varian Jenis Veneer kayu:

Mungkin bagi kita semua yang masih awam dalam dunia furniture belum banyak mengetahui terkait dengan jenis veneer. Sebenarnya ada beberapa varian pilihan yang bisa menjadi opsi untuk anda, berikut pembahasannya.

1. Ra veneer

Varian yang pertama veneer mentah, adalah bahan mentah dan tidak diproses, sehingga sulit untuk mengidentifikasi permukaan depan dan belakang. Untuk memindahkan furnitur, veneer harus melekat pada setiap bagian. Veneer mentah mudah pecah saat menutupi permukaan yang melengkung. 

2. Veneer backend fenolik

Veneer kayu jenis ini digunakan untuk membuat material komposit kayu atau material veneer sintetik. Tersedia dalam bentuk plat sehingga tidak mudah pecah saat dikenakan pada permukaan bagian pelapisan furnitur yang melengkung.

3. Veneer belakang kertas

Veneer dengan bagian belakan kertas ini juga tersedia dalam ukuran lembaran besar. Ya, lapisan dasarnya terbuat dari kertas supaya mudah diaplikasikan . Jenis bahan ini sering digunakan sebagai finishing interior.

4. Rekonstruksi veneer

Bahan veneer kayu jenis ini lebih merupakan bahan veneer yang terbuat dari tanaman hutan tropis yang tumbuh cukup cepat. Segera diproses dari sebuah kayu gelondongan, kemudian direndam dalam larutan pewarna. 

Potongan-potongan ini kemudian digabungkan dan direkatkan untuk membuat bahan veneer yang dapat digunakan untuk berbagai objek.

5. Veneer yang dilaminasi


Veneer ini dibuat dari veneer mentah yang direkatkan untuk potongan yang lebih besar. Prosesnya lama dan membutuhkan ketelitian yang tinggi, tetapi tidak sulit dan tidak memerlukan alat atau mesin yang mahal. 

Veneer telah dibuat dalam berbagai ukuran yang dapat digunakan pada furnitur dengan berbagai ukuran, bentuk, atau desain.

Keuntungan dari veneer kayu:

1. Kuat dan Tidak mudah rusak

Bahan kayu solid sering retak karena atmosfer di sekitarnya, veneer kayu lebih kuat dan lebih sedikit pecah.

2.Harga Lebih Murah

Furnitur yang menggunakan veneer kayu lebih murah dibandingkan kayu solid.

3. Terlihat seperti pohon asli

Munculnya kemiripan ini dengan kayu yang sangat mahal menambah nilai furnitur kayu. 

Baca Juga:  Butuh jasa pembuatan Lemari HPL Murah?

Kekurangan veneer kayu

Kekurangan penggunaan veneer yakni Membutuhkan perawatan layaknya kayu pada umumnya untuk menghasilkan kualitas yang baik. Anda dapat memberikan  pernis tambahan maupun lapisan pelindung sebagai upaya untuk mencegah kerusakan pada bahan veneer kayu.


Kekurangan lainnya yakni sama dengan kayu pada umumnya, veneer dinilai Tidak tahan terhadap kelembababan serta berpotensi terhadap rayap.

Itulah pembahasan singkat tentang jenis veneer kayu yang bisa anda gunakan untuk pelapisan interior rumah idaman anda.


BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to erainterior@gmail.com

Support Era Interior CS 1
6283837068818
Sales Era Interior CS 2
6283894289416
Call us to +626283894289416 from 0:00hs a 24:00hs
Apa Rencana Anda?
×
Chat