MGZ4NGR5NaN4NWBaMaB9MWV6MncsynIkynwbzD1c

6+ Jenis Engsel Furniture dan Kitchen Set

BLANTERLANDINGv101
5091283390637644176

6+ Jenis Engsel Furniture dan Kitchen Set

Sabtu, 30 Juli 2022
Konten [Tampil]

 Engsel menjadi salah satu ornamen penting dalam sebuah rumah. Digunakan pada berbagai lini furniture, misalnya pada pintu, Lemari, Kitchen set dan lain sebagainya. Yakni berfungsi sebagai poros tumpuan beban pintu yang akan mempermudah membuka dan menutupnya kembali.

Engsel pintu adalah perangkat engsel yang menghubungkan dua elemen dengan erat, memungkinkan rotasi dua sudut antara dua elemen. Meski hampir tidak terlihat, engsel pintu adalah alat yang sangat penting.

Jenis Engsel Untuk Kitchen Set Furniture

Keberadaan engsel pada sebuah bangunan memang tidak dapat dihilangkan begitu saja. Keberadaan nya sangat penting yang dimiliki oleh setiap rumah, baik itu untuk jendela, engsel untuk kitchen set, Pintu dan lain sebagainya.

Tetapi untuk jenis engsel sendiri dapat disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya pada kitchen set biasa memakai model engsel sendok, Pada pintu garasi rumah memakai engsel kupu-kupu dan berbagai varian lain yang bisa dipakai sesuai dengan keperluan maupun penempatan.

Langsung sajam, berikut beberapa jenis dan model engsel untuk kitchen set maupun furnitur untuk rumah, kantor, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Jenis-Jenis Lampu Untuk Kitchen Set

1. Engsel Jenis Sendok

Jenis Engsel Sendok
Engsel Sendok Harga.web.id

Untuk model pertama ini mungkin anda sering melihatnya namun belum mengetahui namanaya. Engsel sendok jenis ini sering digunakan untuk pintu Kitchen set, Engsel Lemari, dan berbagai produk interior Lain nya. 

Sedangkan dalam hal ini juga engsel sendok mempunyai dua bentuk berbeda yang sama sama dapay dimanfaatkan penggunaan sesuai kondisi furnitur anda. Untuk Engsel Lemari HPL Pakaian, Kitchen set, sehingga apabila memakai jenis ini saat kondisi tertutup tidak terlihat terdapat engsel.


  • Engsel Sendok lurus, bedbeda dengan model Engsel sendok bengkok. Pada model ini biasanya diperuntukan pada pintu luar. Setelah proses pemasangan  ini biasanya pintu terlihat hanya ada pintu saja yang terlihat. Sedangkan pada ketebalan dinding samping akan tertutup bagian pintu Setelah dipasang.
  • Engsel sendok bengkok, dan yang kedua model bengko. Pemakaian jenis ini  saat pintu kondisi tertutup maka memiliki luas yang sama dengan ketebalan dinding samping rak/rak. Sedangkan proses Pemasangan engsel ini membutuhkan perhatian khusus untuk sepatu.

Tetapi pengaplikasiannya memang cenderung hanya untuk jenis pintu yang tidak terlalu berat, misalnya dari bahan furniture Multiflex. Sehingga tidak direkomendasikan pemakaian engsel sendok untuk pintu rumah.

Harganya bervariatif, yakni tergantung merek dan ukuran yang akan digunakan. Untuk itu sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu saat akan membasang dan beli engsel sendok.


2. Engsel kupu-kupu


Sederhana saja, karena bentunya yang dapat melipat antara sayap kupu-kupu dan badannya maka jenisnya disebut dengan penamaan tersebut.

Saat ini tersedia berbagai warna, ukuran dan model yang bisa disesuaikan untuk pengapilkasian interior, ekterior furniture rumah

Jenis engsel kupu-kupu
engsel Kupu-kupu aca.co.id
Umumnya berbahan memakai besi plat dengan ketebalan menyesuaikan ukuran, atau memakai kuningan. Umumnya jenis ini dipasang pada pintu kamar, pintu depan, garasi mobil, maupun kusen kayu, aluminium, besi dan lain sebaganya.

Umumnya Engsel kupu-kupu tersedia dalam ukuran 1,5", 2", 2,5", 3" dan 4" dengan harga mulai dari Rp 2.500 hingga Rp 45.000 per pasang.

Jenis yang kedua ini mungkin cukup familiar, namun tahukah anda terdapat berbagai model engsel kupu-kupu dan ukuran nya. Misalnya anda dapat melihat engsel kupu-kupu yang sudah diengkapi dengan Roda Henderson.

engsel pintu geser roda henderson
engsel pintu geser roda henderson shopee.co.id

Jika anda membutuhkan engsel kupu-kupu, roda henderson, kami tersedia dalam jumlah banyak langsung pabrik.
Baca Juga: Perbedaan Furniture Indor dan Outdor

3. Engsel Piano yang Dapat Dipotong


Engsel ini disebut engsel piano karena awalnya digunakan untuk keperluan penutup piano. Di zaman modern, engsel piano juga dibuat menjadi pintu, daun jendela dan pintu lemari. Salah satu pertimbangan dalam memilih engsel pintu piano adalah kepraktisan. 

Engsel Piano dapat dipotong
engsel Piano Alibaba.com

Engsel piano dijual dalam bentuk gulungan atau satuan metrik (biasanya dengan penambahan 3m) sehingga Anda dapat menggunakannya di beberapa pintu atau jendela sekaligus yang panjangnya dapat disesuaikan. Penyesuaiannya dapat melalui dipotong panjang pintu atau jendela yang akan dipasang.

 Saat ini engsel piano dibanderol Rp. Dari Rp 25.000. Tersedia dengan harga Rp 30.000.

4. Engsel Patrom (H) Removeable

Engsel H

Merupakan model Engsel pintu memiiki bentuk leter H ini yang biasa diterapkan pada pemasangan pintu dalam misalkan pada pintu aluminium atau PVC yang sifatnya mudah dilepas atau dipindahkan. 

Oleh karena itu, model ini juga banyak disebut juga sebagai engsel tombol geser. Engsel H sangat cocok untuk beberapa jenis pintu atau jendela di rumah yang Anda rencanakan untuk secara mudah dipindahkan.

Biasanya terdapat berbagai Varian engsel Patrom tersedia dalam ukuran 80 x 50mm, 110 x 55mm dan 140 x 60mm tergantung ukuran dan dibanderol mulai dari Rp 8.000 hingga Rp 20.000 per pasang.

Disamping itu masih banyak model lainnya , dan apabila untuk anda yang akan memasang pada pintu yang relatif lebih berat tidak direkomendasikan memakai engsel H. Silahkan pakai model Engsel panel.

Baca Juga: Kelebihan menggunakan Kusen Aluminium

5. Engsel koboi untuk pintu koboi

Engsel Koboy, Builder ID

Bagiamana gambaran fungsi dari Engsel koboi ? Yakni memiliki peranan yang sama namun pemakaian jenis ini memungkinkan daun pintu berayun atau bergerak secara otomatis dapat didorang terbuka dan menutup otomatis. 

Pergerakan pintu koboi secara fleksibel menutup kembali karena adanya pegas engsel yang tinggi dan bergerak ke luar dan ke dalam. Engsel koboi dapat diatur untuk membuat pintu menutup sesuka hati dan dapat dilekatkan pada pintu tanpa lekukan. 

Pintu ayun koboi sering digunakan sebagai dekorasi interior karena bentuknya yang unik dan mengingatkan pada palang dari film koboi. 

Penggunaan engsel koboy, pintu jenis ini umumnya dipasang tempat umum atau di restoran, kafe, tempat hiburan lainnya. Karena fitur uniknya, Harga engsel pintu koboi dibanderol lebih mahal daripada jenis engsel lainnya. Harga saat ini berkisar antara Rp 45.000 hingga Rp 60.000 per biji. Ada juga sepatu bot koboi stainless steel dengan harga Rp 465.000 sepasang.

Baca Juga: Mengenal Jenis Veneer Kayu

6. Engsel panel


Engsel panel berbentu seperti engsel kupu-kupu namun diperuntukan dan desainnya lebih kokoh. Yakni Bedanya engsel pintu jenis ini lebih relatif lebih tebal dan kuat karena didesain untuk menempel pada pintu atau jendela yang terbuat dari bahan yang lebih tebal dan lebih berat. Misalnya, pohon jati, pohon merbau atau pohon bangkirai (balau kuning). 

Selain engsel panel logam yang banyak digunakan saat ini, banyak perusahaan memproduksi engsel panel plastik yang memiliki bentuk lebih baik daripada engsel biasa. Seperti engsel kupu-kupu, engsel panel tersedia dalam berbagai ukuran, termasuk 3", 4", 5", dan 6". Engsel panel lebih mahal daripada engsel kupu-kupu karena bodinya lebih tebal. Kuantitasnya Rp. Dari 12900Rp.

Penutup

Pada prinsipnya semua jenis engsel memiliki varian berbeda dari masing masingnya. Untuk penggunaanya sebaiknya anda memperhatikan peruntukan, misalnya Untuk engsel untuk kitchen set maka bisa memakai engsel sendok yang disesuiakan dengan kebutuhan dan ukurannya.

BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to erainterior@gmail.com

Support Era Interior CS 1
6283837068818
Sales Era Interior CS 2
6283894289416
Call us to +626283894289416 from 0:00hs a 24:00hs
Apa Rencana Anda?
×
Chat